SELAMAT DATANG DI AHLUL BAIT NABI SAW

AHLUL BAIT NABI SAW: Media Agama Dan Hati Umat Islam * Media Persatuan dan Kesatuan Sunni Dan Syiah


Setidaknya 717 orang meninggal dan hampir 863 lainnya terluka saat mereka menuju jamarat, tempat pelontaran jumroh.

Menurut pejabat bencana Saudi, insiden itu terjadi di Mina, dekat Mekkah, pukul 9 pagi waktu setempat (0600 GMT) setelah dua massa peziarah besar memasuki jalan 204 dan 223 menyatu bersama.

Insiden itu terjadi ketika mereka sedang menuju tempat pelempar Jumroh simbolis melempar Setan.
Lebih dari 220 ambulans dan 4.000 petugas penyelamat dilaporkan telah dikirim ke lokasi.

“Pekerjaan sedang dilakukan untuk memisahkan kelompok besar orang dan jamaah langsung ke rute alternatif,” kata Saudi Pertahanan Sipil.

Saudi Salahkan Jamaah
Menteri Kesehatan Arab Saudi menyalahkan jamaah atas insiden mematikan, mengatakan tragedi itu tidak akan terjadi jika mereka “mengikuti instruksi.”

“Banyak peziarah bergerak tanpa mentaati jadwal” yang ditetapkan pemerintah, Khaled al-Falih mengatakan, menambahkan bahwa ini adalah “alasan utama insiden ini,” dilaporkan televisi El-Ekhbariya.

“Jika para peziarah mengikuti petunjuk, insiden ini dapat dihindari,” katanya.

Jamaah Indonesia dan Iran di antara korban
Kementerian Agama sebagai Panitia Penyelenggara Haji Indonesia, menyatakan sampai pukul 12.00 waktu setempat, tiga jemaah Indonesia meninggal dalam peristiwa di Jalan Arab 204, Mina, itu, menurut ANTARA
Sementara itu, Sa’id Ohadi, kepala organisasi Haji danZiarah Iran, mengatakan bahwa setidaknya 43 warga Iran meninggak dan 60 lainnya luka-luka dalam tragedi itu, menurut ISNA.

Secara terpisah, seorang wakil menteri luar negeri Iran telah menyatakan bahwa sebuah komisi khusus telah dibentuk oleh Republik Islam untuk menindaklanjuti kasus para peziarah Iran di Mina.

‘Pemerintah Saudi bertanggung jawab’
Hossein Amir-Abdollahian, wakil menteri luar negeri Iran untuk urusan Arab dan Afrika, mengatakan Kedutaan Besar Iran di Arab Saudi, Konsulat dan semua organisasi terkait lainnya secara aktif bekerja untuk menentukan nasib para korban Iran insiden Kamis (24/9/15).

Amir-Abdollahian menyatakan pemerintah Saudi bertanggung jawab atas insiden mematikan tersebut, dan mengatakan mereka harus segera bertindak untuk mengelola krisis.

“Pemerintah Saudi mengabaikan keamanan bagi para peziarah,” katanya.

Sebuah file gambar yang diambil pada 4 Oktober 2014 menunjukkan peziarah Muslim tiba melemparkan kerikil ke pilar selama ibadah “Jamarat”, melempar setan, di Mina di dekat kota suci Mekkah. (Foto: AFP)

Sebanyak dua juta orang saat ini di Mekah tahun ini melakukan haji.

Pada Januari 2006, sebanyak 360 jamaah meninggal selama ibadah yang sama di Mina.

Tragedi Ini terjadi beberapa hari setelah crane konstruksi besar runtuh ke Masjidil Haram, menewaskan lebih dari 100 orang dan menyebabkan lebih dari 200 lainnya luka-luka.

Peziarah Muslim berjalan melewati crane yang sehari sebelum runtuh di Masjidil Haram di kota suci Muslim Arab Saudi Mekah, 12 September 2015. (Foto: AFP)


Secara terpisah, pada 21 September, kebakaran terjadi di lantai 15 hotel di Mekkah memaksa evakuasi sekitar 1.500 orang. Kebakaran di hotel lain terjadi di kota lain sebelumnya, yang meninggalkan sejumlah orang asing terluka. [].

(Mahdi-News/ABNS)

0 komentar:

 
AHLUL BAIT NABI SAW VIDEO © 2013. All Rights Reserved. Powered by AHLUL BAIT NABI SAW
Top